9D THE BEST ALUMNI SMP N 1 CILEDUG

Selasa, 03 Februari 2009

RAHASIA GUA KRISTAL



Rahasia Gua Kristal ''Superman'' TerpecahkanBagi Superman ini mungkin rumahnya,
Dapat Uang GratisAjak teman chat, blog dan SMS, daftar dan dpt uang gratis!id.friendplay.comtapi bagi para pakar geologi, gua yang berisi bongkahan kristal-kristal raksasa adalah objek penelitian yang menakjubkan. Kini, mereka tahu apa Rahasia terbentuknya kristal-kristal raksasa di dalam Cueva de Los Cristales (berarti gua kristal) yang ditemukan di Meksiko.Di dalam gua tersebut terdapat kristal-kristal alami yang bening masing-masing dengan panjang mencapai 11 meter dan seberat hingga 55 ton. Gua unik yang terbentuk pada kedalaman 300 meter di perut Gunung Naica, kawasan Gurun Chihuahua ditemukan tanpa sengaja oleh dua orang penambang yang tengah menyiapkan saluran air untuk Industrias PeƱoles pada tahun 2000."Ini sebuah keajaiban alam," ujar Juan Manuel Garcia-Ruiz, seorang geolog dari Universitas Granada, Spanyol. Untuk menguak rahasia terbentuknya kristal hingga sebesar itu di Cueva de Los Cristales, ia mempelajari sampel cairan yang terperangkap di dalamnya.Menurutnya, aktivitas vulkanik yang terjadi sekitar 26 juta tahun lalu menyebabkan kawasan tersebut kaya mineral anhidrit atau senyawa kalsium sulfat (CaSO4) bersuhu tinggi. Mineral anhidrit stabil pada suhu di atas 58 derajat Celcius.Saat magma di bawah gunung mulai mendingin dan temperatur turun, anhidrit mulunak dan berubah menjadi gips atau CaSO4.2H2O dalam volume besar. Selama jutaan tahun, molekul-molekul yang mengendap akan membentuk kristal-kristal gips selenit.Mengingat ukurannya yang sangat besar, Garcia-Ruiz menduga perubahan temperatur yang mengubah senyawa anhidrit menjadi gips berlangsung dalam waktu ratusan ribu tahun. Sedangkan di permukaan gua, kristal-kristal yang terbentuk lebih kecil karena transisi suhu yang lebih cepat.Cueva de Los Cristales Berbentuk rongga seperti tapal kuda yang dindingnya setinggi 10 meter dan seluas stadion basket. Lantainya juga dipenuhi blok-blok kristal bersegi banyak. Balok kristal raksasa terbentuk dari dasar maupun dinding gua. Untuk menikmati gua kristal yang berada dekat kawasan tambang seng, timbal, dan perak, para penambang harus menyedot seluruh air di dalamnya."Tak ada tempat lain yang mengandung mineral dengan bentuk seindah ini," ungkap Garcia-Ruiz yang melaporkan temuannya dalam jurnal Geology edisi terbaru. Untuk menikmati indahnya ’kediaman Superman’ ini, Anda tak perlu berburu sampai ke Antartika seperti digambarkan dalam film.Sumber: National GeographicPenulis: Wah (http://www.kompas.com/ver1/Iptek/0704/24/165911.html
Relevant Links:


OLEH:SARIPUDIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar