9D THE BEST ALUMNI SMP N 1 CILEDUG

Jumat, 13 Februari 2009

TATA SURYA

Asal Usul Tata Surya

Banyak hipotesis tentang asal usul tata surya telah dikemukakan para ahli, diantaranya :

Hipotesis Nebula

Hipotesis nebula pertama kali dikemukakan oleh Immanuel Kant(1724-1804) pada tahun 1775. Kemudian hipotesis ini disempurnakan oleh Pierre Marquis de Laplace pada tahun 1796. Oleh karena itu, hipotesis ini lebih dikenal dengan Hipotesis nebula Kant-Laplace. Pada tahap awal tata surya masih berupa kabut raksasa. Kabut ini terbentuk dari debu, es, dan gas yang disebut nebula. Unsur gas sebagian besar berupa hidrogen. Karena gaya gravitasi yang dimilikinya, kabut itu menyusut dan berputar dengan arah tertentu. Akibatnya, suhu kabut memanas dan akhirnya menjadi bintang raksasa yang disebut matahari. Matahari raksasa terus menyusut dan perputarannya semakin cepat. Selanjutnya cincin-cincin gas dan es terlontar ke sekeliling matahari. Akibat gaya gravitasi, gas-gas tersebut memadat seiring dengan penurunan suhunya dan membentuk planet dalam. Dengan cara yang sama, planet luar juga terbentuk.

Hipotesis Planetisimal

Hipotesis planetisimal pertama kali dikemukakan oleh Thomas C. Chamberlain dan Forest R. Moulton pada tahun 1900. Hipotesis planetisimal mengatakan bahwa tata surya kita terbentuk akibat adanya bintang lain yang hampir menabrak matahari.

Hipotesis Pasang Surut Bintang

Hipotesis pasang surut bintang pertama kali dikemukakan oleh James Jean dan Herold Jaffries pada tahun 1917. Hipotesis pasang surut bintang sangat mirip dengan hipotesis planetisimal. Namun perbedaannya terletak pada jumlah awalnya matahari.


Hipotesis Kondensasi

Hipotesis kondensasi mulanya dikemukakan oleh astronom Belanda yang bernama G.P. Kuiper (1905-1973) pada tahun 1950. Hipotesis kondensasi menjelaskan bahwa tata surya terbentuk dari bola kabut raksasa yang berputar membentuk cakram raksasa.

Hipotesis Bintang Kembar

Hipotesis bintang kembar awalnya dikemukakan oleh Fred Hoyle (1915-2001) pada tahun 1956. Hipotesis mengemukakan bahwa dahulunya tata surya kita berupa dua bintang yang hampir sama ukurannya dan berdekatan yang salah satunya meledak meninggalkan serpihan-serpihan kecil. serpihan itu akan terperangkap oleh gravitasi bintang yang tidak meledak dan mulai mengelilinginya

DIPOSTING:ANISA NURAHMAH

SITI AISAH

kemiskinan

Kemiskinan

Masalah kemiskinan memang telah lama ada sejak dahulu kala. Pada masa lalu umumnya masyarakat menjadi miskin bukan karena kurang pangan, tetapi miskin dalam bentuk minimnya kemudahan atau materi. Dari ukuran kehidupan modern pada masakini mereka tidak menikmati fasilitas pendidikan, pelayanan kesehatan, dan kemudahan-kemudahan lainnya yang tersedia pada jaman modern.Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi kekurangan hal-hal yang biasa untuk dipunyai seperti makanan , pakaian , tempat berlindung dan air minum, hal-hal ini berhubungan erat dengan kualitas hidup Kemiskinan merupakan masalah global, Kemiskinan sebagai suatu penyakit sosial ekonomi tidak hanya dialami oleh negara-negara yang sedang berkembang, tetapi juga negara-negara maju, seperti Inggris dan Amerika Serikat. Negara Inggris mengalami kemiskinan di penghujung tahun 1700-an pada era kebangkitan revolusi industri yang muncul di Eropah. Banyak program yang telah pemerintah laksanakan tetapi kemiskinan tetap saja tidak menumpas bersih kemiskinan.. Kemiskinan dapat dibedakan menjadi tiga pengertian: kemiskinan absolut, kemiskinan relatif dan kemiskinan kultural. Seseorang termasuk golongan miskin absolut apabila hasil pendapatannya berada di bawah garis kemiskinan, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup minimum: pangan, sandang, kesehatan, papan, pendidikan. Seseorang yang tergolong miskin relatif sebenarnya telah hidup di atas garis kemiskinan namun masih berada di bawah kemampuan masyarakat sekitarnya. Sedang miskin kultural berkaitan erat dengan sikap seseorang atau sekelompok masyarakat yang tidak mau berusaha memperbaiki tingkat kehidupannya sekalipun ada usaha dari pihak lain yang membantunya.

1. PENYEBAB KEGAGALAN PENAGGULANGAN KEMISKINAN

Pada dasarnya ada dua faktor penting yang dapat menyebabkan kegagalan program penanggulangan kemiskinan di
Indonesia:

Pertama, program- program penanggulangan kemiskinan selama ini cenderung berfokus pada upaya
penyaluran bantuan sosial untuk orang miskin.Hal itu, antara lain, berupa beras untuk rakyat miskin dan program jaring
pengaman sosial (JPS) untuk orang miskin. Upaya seperti ini akan sulit menyelesaikan persoalan kemiskinan yang ada
karena sifat bantuan tidaklah untuk pemberdayaan, bahkan dapat menimbulkan ketergantungan.

Alangkah lebih baik apabila dana-dana bantuan tersebut langsung digunakan untuk peningkatan kualitas sumber daya
manusia (SDM), seperti dibebaskannya biaya sekolah, seperti sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama
(SMP), serta dibebaskannya biaya- biaya pengobatan di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

Faktor kedua yang dapat mengakibatkan gagalnya program penanggulangan kemiskinan adalah kurangnya pemahaman
berbagai pihak tentang penyebab kemiskinan itu sendiri sehingga program-program pembangunan yang ada tidak
didasarkan pada isu-isu kemiskinan, yang penyebabnya berbeda-beda secara lokal.

Intinya, banyak program, untuk memberantas kemiskinan namun kemiskinan tetap berlarut-larut sampai masa revolusi ini sungguh memprihatikan. Maka syukurilah nikmat yang kalian dapat, karena sesungguhnya tidak semua orang bisa seberuntung kalian.

By : nurkholisoh & julaeha

TATA SURYA

Tata Surya


(Dialihkan dari Tata surya)
Langsung ke: navigasi, cari
Gambaran umum Tata Surya (digambarkan tidak sesuai skala; dari kiri ke kanan): Pluto, Neptunus, Uranus, Saturnus, Yupiter, sabuk asteroid, Matahari, Merkurius, Venus, Bumi dan Bulan, dan Mars. Sebuah komet digambarkan di sebelah kiri.

Tata Surya (bahasa Inggris: solar system) terdiri dari sebuah bintang yang disebut matahari dan semua objek yang yang mengelilinginya. Objek-objek tersebut termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, meteor, asteroid, komet, planet-planet kerdil/katai, dan satelit-satelit alami.

Tata surya dipercaya terbentuk semenjak 4,6 milyar tahun yang lalu dan merupakan hasil penggumpalan gas dan debu di angkasa yang membentuk matahari dan kemudian planet-planet yang mengelilinginya.

Tata surya terletak di tepi galaksi Bima Sakti dengan jarak sekitar 2,6 x 1017 km dari pusat galaksi, atau sekitar 25.000 hingga 28.000 tahun cahaya dari pusat galaksi. Tata surya mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti dengan kecepatan 220 km/detik, dan dibutuhkan waktu 225–250 juta tahun untuk untuk sekali mengelilingi pusat galaksi. Dengan umur tata surya yang sekitar 4,6 milyar tahun, berarti

Asal Usul Tata Surya

Banyak hipotesis tentang asal usul tata surya telah dikemukakan para ahli, diantaranya :

Hipotesis Nebula

Hipotesis nebula pertama kali dikemukakan oleh Immanuel Kant(1724-1804) pada tahun 1775. Kemudian hipotesis ini disempurnakan oleh Pierre Marquis de Laplace pada tahun 1796. Oleh karena itu, hipotesis ini lebih dikenal dengan Hipotesis nebula Kant-Laplace. Pada tahap awal tata surya masih berupa kabut raksasa. Kabut ini terbentuk dari debu, es, dan gas yang disebut nebula. Unsur gas sebagian besar berupa hidrogen. Karena gaya gravitasi yang dimilikinya, kabut itu menyusut dan berputar dengan arah tertentu. Akibatnya, suhu kabut memanas dan akhirnya menjadi bintang raksasa yang disebut matahari. Matahari raksasa terus menyusut dan perputarannya semakin cepat. Selanjutnya cincin-cincin gas dan es terlontar ke sekeliling matahari. Akibat gaya gravitasi, gas-gas tersebut memadat seiring dengan penurunan suhunya dan membentuk planet dalam. Dengan cara yang sama, planet luar juga terbentuk.

Hipotesis Planetisimal

Hipotesis planetisimal pertama kali dikemukakan oleh Thomas C. Chamberlain dan Forest R. Moulton pada tahun 1900. Hipotesis planetisimal mengatakan bahwa tata surya kita terbentuk akibat adanya bintang lain yang hampir menabrak matahari.

Hipotesis Pasang Surut Bintang

Hipotesis pasang surut bintang pertama kali dikemukakan oleh James Jean dan Herold Jaffries pada tahun 1917. Hipotesis pasang surut bintang sangat mirip dengan hipotesis planetisimal. Namun perbedaannya terletak pada jumlah awalnya matahari.


Hipotesis Kondensasi

Hipotesis kondensasi mulanya dikemukakan oleh astronom Belanda yang bernama G.P. Kuiper (1905-1973) pada tahun 1950. Hipotesis kondensasi menjelaskan bahwa tata surya terbentuk dari bola kabut raksasa yang berputar membentuk cakram raksasa.

Hipotesis Bintang Kembar

Hipotesis bintang kembar awalnya dikemukakan oleh Fred Hoyle (1915-2001) pada tahun 1956. Hipotesis mengemukakan bahwa dahulunya tata surya kita berupa dua bintang yang hampir sama ukurannya dan berdekatan yang salah satunya meledak meninggalkan serpihan-serpihan kecil. serpihan itu akan terperangkap oleh gravitasi bintang yang tidak meledak dan mulai mengelilinginya

tata surya kita telah mengelilingi pusat galaksi sebanyak 20–25 kali dari semenjak terbentuk.

DIPOSTING OLEH:-ANISA NURAHMAH

-SITI.AISAH

MATRIALISTIS PENDIDIKAN

OLEH: - SENTOSA EKA PURNAMA

Perguruan tinggi merupakan suatu wadah yang digunakan untuk Research & Development (R&D) serta arena penyemaian manusia baru untuk menghasilkan generasi yang memiliki kepribadian serta kompetensi keilmuan sesuai bidangnya. Secara umum dunia pendidikan memang belum pernah benar-benar menjadi wacana publik di Indonesia, dalam arti dibicarakan secara luas oleh berbagai kalangan, baik yang bersentuhan langsung maupun tidak langsung dengan urusan pendidikan. Namun demikian, bukan berarti bahwa permasalahan ini tidak pernah menjadi perhatian.



Munculnya berbagai cara yang mengarah pada pelanggaran etika akademik yang dilakukan perguruan tinggi kita untuk memenangkan persaingan, menunjukkan bahwa pendidikan kini cenderung dipakai sebagai ajang bisnis. Pola promosi yang memberikan kemudahan dan iming-iming hadiah merupakan suatu gambaran bahwa perguruan tinggi tersebut tidak ada inovasi dalam hal kualitas pendidikan. Kecenderungan tersebut akan menghancurkan dunia pendidikan, karena akhirnya masyarakat bukan kuliah untuk meningkatkan kualitas diri, melainkan hanya mengejar hadiah & gelar untuk prestise. Kondisi pendidikan tinggi saat ini cukup memprihatinkan. Ada PTS yang mengabaikan proses pendidikan. Bahkan ada PTS yang hanya menjadi mesin pencetak uang, bukan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Hal Ini yang membuat persaingan menjadi semakin tidak sehat.
(Tata Sutabri S.Kom, MM)

Premis untuk memulai pendidikan berwawasan global adalah informasi dan pengetahuan tentang bagian dunia yang lain harus mengembangkan kesadaran kita bahwa kita akan dapat memahami lebih baik keadaan diri kita sendiri apabila kita dapat memahami hubungan terhadap masyarakat lain, dan isu-isu global sebagaimana dikemukakan oleh seorang psikolog bernama Csikszentmihalyi yang dalam bukunya berjudul the Evolving Self : Apsychology for the Third Milllenium, 1993. Beliau menyatakan bahwa perkembangan pribadi yang seimbang dan sehat memerlukan “an understanding of the complexities of an increasingly complex and interdependent word”.

Fleksibel-adaptif, artinya bahwa pendidikan lebih ditekankan sebagai suatu proses learning daripada teaching. Anak didik dirangsang untuk memiliki motivasi untuk mempelajari sesuatu yang harus dipelajari dan continues learning. Tetapi, anak didik tidak akan dipaksa untuk dipelajari. Sedangkan materi yang dipelajari bersifat integrated, materi satu dengan yang lain dikaitkan secara padu dan dalam open-sistem environment. Pada pendidikan tersebut karakteristik individu mendapat tempat yang layak.

Kreatif demokratis, berarti pendidikan senantiasa menekankan pada suatu sikap mental untuk senantiasa menghadirkan suatu yang baru dan orisinil. Secara paedagogis, kreativitas dan demokrasi merupakan dua sisi dari mata uang. Tanpa demokrasi tidak akan ada proses kreatif, sebaliknya tanpa proses kreatif demokrasi tidak akan memiliki makna.(Renggani, Spd.SH)


Payahnya, gejala pragmatisme telah menyergap dan menyeruak pada berbagai aktivitas manusia, baik di keluarga, di sekolah, maupun di masyarakat. Orang dapat melakukan apa saja asal bisa mencapai keinginan, tanpa mempedulikan proses yang ditempuh itu benar atau salah.
Seharusnya orang bisa menjadi kaya karena kerja keras dan hidup hemat. Namun kini justru banyak dijumpai orang yang enak-enakan tapi dapat mendatangkan uang banyak seperti menjadi koruptor. Hanya dengan kekuasaannya, orang bisa mengalirkan bergebok-gebok uang dalam rekening pribadi dan deposito, baik mereka yang berprofesi anggota legislatif, hakim, pengacara, birokrat, penanggung jawab proyek, yang semuanya adalah orang-orang berpendidikan.
Terkait dengan ini, Prof Dr Suyanto di hadapan peserta workshop Koalisi Antarumat Beragama Antikorupsi, di Yogyakarta, beberapa waktu lalu, menyatakan keheranannya bahwa sesungguhnya sebagian besar para koruptor di negeri ini diyakini saat duduk di bangku sekolah atau pendidikan termasuk siswa pandai. Bahkan nilai mata pelajarannya terbilang cukup tinggi di atas rata-rata kemampuan siswa lainnya. Namun, bagaimana mungkin siswa yang begitu cerdas itu begitu lulus sekolah menjadi koruptor? Apakah memang ada yang salah dalam sistem pendidikan di negeri ini? Ini agenda bagi Mendiknas pemerintahan SBY untuk menjawab dan menyelesaikannya.




planet bumi

Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam tata surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 milyar. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta km atau 1 AU (ing: astronomical unit). Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfir) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari, sinar ultraungu, dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi troposfer,stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer.

Lapisan ozon, setinggi 50 kilometer, berada di lapisan stratosfer dan mesosfer dan melindungi bumi dari sinar ultraungu. Perbedaan suhu permukaan bumi adalah antara -70°C hingga 55°C bergantung pada iklim setempat. Sehari di dibagi menjadi 24 jam dan setahun di bumi sama dengan 365,2425 hari. Bumi mempunyai massa seberat 59.760 milyar ton, dengan luas permukaan 510 juta kilometer persegi. Berat jenis Bumi (sekitar 5.500 kilogram per meter kubik) digunakan sebagai unit perbandingan berat jenis planet yang lain, dengan berat jenis Bumi dipatok sebagai 1.

Bumi mempunyai diameter sepanjang 12.756 kilometer. Gravitasi Bumi diukur sebagai 10 N kg-1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain, dengan gravitasi Bumi dipatok sebagai 1. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan. 70,8% permukaan bumi diliputi air. Udara Bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% uap air, karbondioksida, dan gas lain.

Bumi diperkirakan tersusun atas inti dalam bumi yang terdiri dari besi nikel beku setebal 1.370 kilometer dengan suhu 4.500°C, diselimuti pula oleh inti luar yang bersifat cair setebal 2.100 kilometer, lalu diselimuti pula oleh mantel silika setebal 2.800 kilometer membentuk 83% isi bumi, dan akhirnya sekali diselimuti oleh kerak bumi setebal kurang lebih 85 kilometer.

Kerak bumi lebih tipis di dasar laut yaitu sekitar 5 kilometer. Kerak bumi terbagi kepada beberapa bagian dan bergerak melalui pergerakan tektonik lempeng (teori Continental Drift) yang menghasilkan gempa bumi.

Titik tertinggi di permukaan bumi adalah

Lapisan bumi

Menurut komposisi (jenis dari material) -nya, bumi dapat dibagi menjadi lapisan-lapisan sebagai berikut :

Mantel bumi terletak di antara kerak dan inti luar bumi. Mantel bumi merupakan batuan yang mengandung magnesium dan silikon. Suhu pada mantel bagian atas ±1300°C-1500°C dan suhu pada mantel bagian dalam ±1500°C-3000°C

Sedangkan menurut sifat mekanik (sifat dari material) -nya, bumi dapat dibagi menjadi lapisan-lapisan sebagai berikut :

Inti bumi bagian luar merupakan salah satu bagian dalam bumi yang melapisi inti bumi bagian dalam. Inti bumi bagian luar mempunyai tebal 2250 km dan kedalaman antara 2900-4980 km. Inti bumi bagian luar terdiri atas besi dan nikel cair dengan suhu 3900°C

Inti bumi bagian dalam merupakan bagian bumi yang paling dalam atau dapat juga disebut inti bumi. inti bumi mempunyai tebal 1200km dan berdiameter 2600km. inti bumi terdiri dari besi dan nikel berbentuk padat dengan temperatur dapat mencapai 4800°C


gunung Everest setinggi 8.848 meter, dan titik terdalam adalah palung Mariana di samudra Pasifik dengan kedalaman 10.924 meter. Danau terdalam adalah Danau Baikal dengan kedalaman 1.637 meter, sedangkan danau terbesar adalah Laut Kaspia dengan luas 394.299 km2.

diposting oleh:-ANISA NURAHMAH

-SITI AISAH

SAINS

Oleh:Chandra.h.n 9d

Diposting tanggal:14-02-2009

Tema:sains
Tugas:TIK (uts)

SAINS DAN TEKNOLOGI

Sains dan Teknologi telah melekat erat ke dalam setiap gaya hidup dan kehidupan modern, bahkan begitu pentingnya bagi pelajar, dan menjadi tuntutan dalam kehidupan professional kita, maka belajar sains dan mengembangan ketrampilan sains dan teknologi pada saat ini adalah sangat penting dan menjadi keniscayaan. Pentingnya terampil berkomunikasi dapat dibuktikan secara sepintas melalui berbagai surat kabar harian/koran. Kebanyakan lowongan pekerjaan untuk posisi-posisi penting selalu mempersyaratkan penguasaan teknologi. Bahkan saat ini begitu terasa pentingnya bagi para pelajar Indonesia bertepatan dengan usaha-usaha pemerintah untuk meningkatkan investasi asing di Indonesia. Pengetahuan dan keterampilan ilmu sains dan teknologi memungkinkan kita dapat memasuki berbagai bidang profesi, namun demikian tanpa dibarengi dengan pengembangan kreativitas pribadi maka keterampilan itu sendiri menjadi tidak berarti dan tidak menjamin dengan sendirinya masa depan yang cerah atau adanya pengembangan karir pribadi yang pasti
A. Ilmu BumiPada masa pemerintahan Khalifah Al-Makmun (paruh pertama abad IX M), Al-Khawarizmi dan 99 orang asistennya telah membuat peta bumi sekaligus peta langit (peta bintang). Mereka berhasil mengukur lingkaran bumi dengan tingkat akurasi yang amat tinggi dengan dilandaskan pada pemahaman bahwa bumi itu bentuknya bulat. Kesimpulan tersebut diperoleh setelah eksperimen sederhana dilakukan di dataran Sinyar (dekat kota Palmyra). Dengan menggabungkan pengetahuan matematika sederhana (sinus, cosinus dan tangent) dengan sudut jatuh sinar matahari serta peredaran bumi dalam setahun, mereka menyimpulkan bahwa derajat zawal = 56 2/3 mil atau 959 yard lebih panjang dari nilai yang sebenarnya. Setelah diperoleh derajat zawal, mereka dapat menghitung panjang keliling bumi, yaitu 20.000 mil, dan jari-jari bumi 6.500 mil.Pada saat yang sama, bangsa Eropa masih yakin bahwa bumi itu datar, hingga Columbus berhasil menginjakkan kakinya di benua Amerika, dan membuktikan bahwa bumi itu bulat




Sumber:www.ilmu sains.com
www.film43.com
www.buku kita.com

Bulu Tangkis






OLAHRAGA “BULUTANGKIS”

March 6, 2008 at 5:11 am · Filed under OLAHRAGA


Bulutangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan.

Mirip dengan tenis, bulutangkis dimainkan dengan pemain di satu sisi bertujuan memukul bola permainan (”kok” atau “shuttlecock”) melewati net agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan. Dia juga harus mencoba mencegah lawannya melakukan hal tersebut kepadanya.
Partai

Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulutangkis. Mereka adalah:
Tunggal putra
Tunggal putri
Ganda putra
Ganda putri
Ganda campuran

Sejak 1 Februari 2006, seluruh partai memakai sistem “pemenang dua dari tiga set” (best of three) yang masing-masing diraih dengan mencapai 21 poin secara rally point.

Memainkan bulutangkis

Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi pada kedua sisi jaring di atas wilayah persegi panjang yang ditandai di lantai sebagaimana diperlihatkan di diagram.

Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melompati jaring ke wilayah di seputar batasan/aras tertanda sebelum pemain atau pasangan lawan bisa memukulnya balik. Untuk setiap kali ini berhasil dilakukan oleh regu yang menyervis, pemain atau pasangan penyervis (peladen) mencetak skor satu poin. Setelah memenangi satu poin, pemain yang sama menyervis kembali, dan terus menyervis sepanjang mereka terus mencetak poin. Apabila regu yang tak menyervis memenangkan reli ini, tiada poin dicetak oleh mereka tetapi ada pergantian penyervis. Dalam permainan ganda, seorang peladen memulai permainan, dan setelah kalah sebuah reli, servis berpindah ke regu lawan. Dari waktu itu ke depannya, kedua pemain pada seregu bergantian menyervis (meladen) sebelum servis kembali berpindah kepada lawan mereka. Pemain di sisi servis tangan kanan selalu memulai servis.


Perlengkapan

Raket: Secara tradisional raket dibuat dari kayu. Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih. Kini, hampir semua raket bulutangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.
Kok: Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulutangkis, terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan juga kok dari pelastik.
Senar: Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulutangkis adalah senar nya. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. Keawetan secara umum bervariasi dengan kinerja. Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. Kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang kuat dalam seleksi senar.
Sepatu: Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting, para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Sepatu bulutangkis membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat; bulutangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki.
Net: Bulutangkis tidak akan pernah bisa berjalan tanpa perlengkapan yang satu ini. Net merupakan pembatas antara bidang permainan pemain yang satu dengan yang lain. Tinggi net kurang lebih 152 cm dan sama untuk semua jenis permainan, baik itu tunggal maupun ganda, putri maupun putra.

Sumber : www.pbdjarum.com/artikel




Taufik Hidayat Menyandingkan Juara Olimpiade dan Dunia


Senin, 22 Agustus 2005 11:17 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta:Taufik Hidayat menjadi juara dunia bulu tangkis IBF setelah berhasil mengalahkan Lin Dan dari Cina dalam dua set langsung, 15-3 dan 15-7. Dengan kemenangan ini, Taufik berhasil menyandingkan gelar juara Olimpiade yang diraihnya di Athena, Yunani tahun lalu. Pada set pertama, Taufik yang bermain amat kalem berhasil meninggalkan Lin Dan dengan angka 13-0. Pada kedudukan 11-0, Lin Dan sempat memprotes wasit karena bola yang dinyatakan keluar sebelumnya sempat menyentuh tubuh Taufik. Namun protes itu tak digubris. Lin Dan sempat mencuri tiga angka, menjadi 13-3, tapi Taufik berhasil menghentikannya dengan angka 15-3.Pada set ke dua, Lin Dan menoba bangkit dan sempat memperlihatkan permainan terbaknya. Perolehan angka pun dicapai dengan ketat. Saling kejar sempat terjadi pada saat Lin Dan unggul 3-0, dan disamakan menjadi 3-3. Kemudian Lin Dan kembali unggul 7-3, tapi Taufik berhasil menyamakannya menjadi 7-7. Pada posisi ini, aura kemenangan Taufik tak terbendung lagi. Pada kedudukan 11-7, bola sempat berpindah tangan empat kali. Namun dengan kematangannya, Taufik menutup perlawanan Lin Dan dengan smash ringan yang gagal dihalau, 15-7. Taufik Hidayat melaju ke final Kejuaraan Dunia bulutangakis di Anheim, Kalifornia, Amerika Serikat, setelah menaklukan pemain unggulkan kelima, Lee Chong Wei dari Malaysia, 15-13-15-12. Sementara Lin Dan menundukkan unggulan ke tiga asal Denmark, Peter Gade 15-9, 13-15, dan 15-11. Sebelumnya, Taufik Hidayat dan Lin Dan telah empat kali bertemu, dengan skor 2-2. Di tunggal putri, Xie Xingfang menjadi juara dunia bulu tangkis IBF setelah mengalahkan rekan senegaranya, Zhang Ning dalam pertandingan tiga set, 11-8, 9-11, 11-3. Zhang merupakan juara dunia dan juara Olimpiade. Xie dan Zhang telang sembilan kali berhadapan, empat diantaranya dimenangkan Xie. Kemenangan ini, bagi Xie merupakan yang pertama kalinya, dan yang ke sepuluh bagi Cina dalam 12 kali menjadi finalis. Sudrajat
Topik :
Badminton

Sumber : www.tempointeractive.com/hg/olahraga/2005/08/22/brk,20050822-65555,id.html - 33k -

tentang mata




Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.

Organ mata manusia

Organ luar

Organ dalam

Bagian-bagian pada organ mata bekerjasama mengantarkan cahaya dari sumbernya menuju ke otak untuk dapat dicerna oleh sistem saraf manusia. Bagian-bagian tersebut adalah:

  • Kornea
    Merupakan bagian terluar dari bola mata yang menerima cahaya dari sumber cahaya.
  • Pupil dan Iris
    Dari kornea, cahaya akan diteruskan ke pupil. Pupil menentukan kuantitas cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pupil mata akan melebar jika kondisi ruangan yang gelap, dan akan menyempit jika kondisi ruangan terang. Lebar pupil dipengaruhi oleh iris di sekelilingnya.Iris berfungsi sebagai diafragma. Iris inilah terlihat sebagai bagian yang berwarna pada mata.
  • Lensa mata
    Lensa mata menerima cahaya dari pupil dan meneruskannya pada retina. Fungsi lensa mata adalah mengatur fokus cahaya, sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina. Untuk melihat objek yang jauh (cahaya datang dari jauh), lensa mata akan menipis. Sedangkan untuk melihat objek yang dekat (cahaya datang dari dekat), lensa mata akan menebal.
  • Retina
    Retina adalah bagian mata yang paling peka terhadap cahaya, khususnya bagian retina yang disebut bintik kuning. Setelah retina, cahaya diteruskan ke saraf optik.
  • Saraf optik
    Saraf yang memasuki sel tali dan kerucut dalam retina, untuk menuju ke otak.

· 8 Cara Mudah Menjaga Kesehatan.



1. Periksa mata setiap 12 bulan
Masalah penglihatan yang tidak ditangani akan berkembang semakin parah, dan memakai lensa kontak atau kacamata yang tidak lagi cocok untuk Anda dapat menyebabkan masalah penglihatan dan sakit kepala.

2. Di musim panas, pakailah kacamata
Sinar UV dapat membuat kerusakan serius pada mata. Kacamata yang baik dapat mencegah hal ini. Ketika membeli kacamata, pastikan yang dapat memantulkan paling tidak 98% radiasi UV.

3. Makanlah nutrisi yang baik untuk Anda dan mata Anda
Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa vitamin dan kelompok antioksidan dapat mencegah, atau paling tidak memperlambat degenerasi makular dan pertumbuhan katarak. Nutrisi yang baik bagi tubuh juga baik untuk mata.

4. Jika Anda membaca atau bekerja menggunakan komputer, pastikan cahayanya tepat
Bekerja dengan cahaya minim dapat menyebabkan kelelahan mata, tapi cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Arah cahaya terbaik jika bekerja menggunakan komputer adalah dari lampu meja bercahaya lembut dari arah samping. Kurangi tingkat terang (brightness) monitor. Warnanya memang jadi tak terlalu tajam, tapi mata akan jadi lebih nyaman.

5. Istirahatkan mata Anda
Hampir semua orang merasakan mata mereka jadi tidak nyaman setelah duduk seharian di depan layar komputer. Hal ini disebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, yang menyebabkan mata jadi kering. Satu hal yang bisa dilakukan adalah menutup mata Anda dan menghitung sampai 5 sebelum membukanya kembali. Hal lainnya adalah berpaling dari layar monitor dan fokus pada sebuah objek yang jauh, sesering mungkin.

6. Cari lensa kontak dengan kualitas baik
Tidak semua lensa kontak sama. Ada yang aman untuk mata Anda, dan ada juga yang beresiko merusak mata. Untuk melihat referensi tentang lensa kontak di (http://www.1-contact-lenses-consumer-guide.com). Tahu apa yang ditawarkan industri lensa kontak modern akan membantu untuk membuat pilihan yang bijak, tidak begitu saja mengikuti apa kata dokter.

7. Jika memakai lensa kontak, rawatlah dengan baik
Lensa kontak tidaklah begitu merepotkan, tapi Anda juga tak dapat mengabaikan kebersihannya. Setiap kali akan memakai atau melepaskan lensa kontak Anda, bilaslah. Anda juga harus mengganti cairannya, ketika Anda menaruh di tempatnya waktu Anda tidur di malam hari.

8. Pakailah lensa kontak sesuai jadwal yang disarankan
Ada orang yang berbiat menghemat dengan memakai lensa kontak lebih lama daripada yang dimaksudkan. Ini bukanlah hal yang baik. Meskipun kulitas lensanya tidak akan berkurang, tumpukan protein dapat mengaburkan penglihatan Anda. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah, semakin lama Anda memakai lensa kontak Anda, semakin tinggi resiko mata Anda terkena infeksi.

· Penyakit Pada Mata

Penyakit pada mata sangat beragam macamnya, ada yang pengobatanya cukup menggunakan obat-obatan dan tetes mata. Ada juga yang harus melalui operasi. Berikut merupakan penyakit pada mata yang umum di derita oleh manusia.

Katarak

Katarak merupakan penyakit mata yang dicirikan dengan adanya kabut pada lensa mata. Lensa mata normal transparan dan mengandung banyak air, sehingga cahaya dapat menembusnya dengan mudah. Walaupun sel-sel baru pada lensa akan selalu terbentuk, banyak faktor yang dapat menyebabkan daerah di dalam lensa menjadi buram, keras, dan pejal. Lensa yang tidak bening tersebut tidak akan bisa meneruskan cahaya ke retina untuk diproses dan dikirim melalui saraf optik ke otak.

Pterigium

Pterigium merupakan penyakit mata yang ditandai dengan adanya pertumbuhan daging di kornea mata. Daging tersebut merupakan konjungtiva (membran yang menyelimuti bagian putih mata) yang tumbuh tidak normal ke dalam kornea. Pterigium bisa berukuran kecil atau bisa pula tumbuh membesar dan mengganggu penglihatan.

Gloukoma

Glaukoma merupakan kelainan mata yang dicirikan dengan rusaknya saraf optik yang berfungsi untuk membawa pesan-pesan cahaya dari mata ke otak. Kerusakan saraf optik ini disebabkan oleh kelebihan cairan humor yang mengisi bagian dalam bola mata. Cairan mata yang diproduksi oleh jaringan-jaringan di depan bola mata ini sebenarnya berfungsi untuk membawa makanan untuk kornea dan lensa mata.

Mata Minus ( MIOPIA )

Miopia atau sering disebut cadok adalah jenis kelainan mata yang menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat benda dari jarakjauh dengan baik. Miopia sering disertai dengan gangguan mata silindris (astigmatis). Kelainan ini timbul dari dalam atau dibawa sejak seseorang masih kecil. Miopia umum ditemukan di seluruh dunia. Di negara maju, persentase pendudukyang menderita miopia biasanya lebih tinggi.

Hipermetropia (MATA PLUS)

Hipermetropia adalah jenis kelainan mata yang menyebab­kan penderitanya dapat melihat dari jarak jauh dengan lebih baik daripada dari jarak dekat. Disebut pula dengan mata plus, rabun dekat, dan hiperopia. Hipermetropia umumnya muncul

Astigmatis (SILINDRIS)

Astigmatis adalah ketidakteraturan lengkung-lengkung permukaan bias mata yang berakibat tidak terpusatkannya sinar cahaya pada satu titik di selaput jala (retina) mata. Ada dua jenis astigmatis.

Diposting Oleh: Ade Risma


Tugas: UTS

Artikel sains

Tugas:TIK
Oleh :MOH.Rizal Suparman p
KELAS :9D
Sains dalam prespektif lintas agama
Tema:Sains & agama

Sains dan agama , dua hal yang di dalam pemahaman saya sebagai awam selalu menggelitik, mengundang pertanyaan didalam hati. Saya yakin bukan hanya saya seorang diri yang merasakan hal ini.
Seperti kita pahami dalam catatan sejarah kita tentang masuknya ajaran Islam ke wilayah Nusantara (baca:tak perlu saya uraikan disini karena akan mengundang banyak perdebatan dan anda bisa membacanya sendiri dibuku-buku sejarah).
Tuhan bersabda dengan segala kemahakuasaannya agar para umatnya menyembah dan mengikuti aturannya. Tidak ada kata enggan atau kata tidak. Tunduk atau patuh adalah inti dari ketertundukan pada kemahakuasaannya. Nabi atau Orang suci bersabda atau berkata, dan dia harus dituruti dan dijalani segala petuah atau petunjuk atau larangannya. Dan dogma-dogma muncul dari dalamnya. Landasan agama (entah itu yang memiliki aspek ketuhanan atau teologis, maupun yang tidak memiliki aspek tersebut) meletakkan dasar atau fondasi kepatuhan dan kepercayaannya pertama kali pada dogma: Tiada Tuhan Selain Allah. Yesus adalah Putra Allah. Ikuti ajaran Buddha. Angka hadir di dunia. Matematika pun mengolahnya. Rumus-rumus, aturan-aturan, persamaan-persamaan lahir dengan bentuk keindahan dari dalamnya. Kita menghitung, kita menjumlahkan, kita mengurangkan, kita mengalikan, kita membagi, kita mengintegralkan, kita mengakarkan, kita mengurutkan, kita membuat grafik, dan sebagainya. Semua bermula dari beberapa premis dan aturan. Angka, aturan pengalian atau penjumlahan, dari mana semua itu datangnya? Dogma dan Doktrinlah. Tidak ada satu premispun atau satu aturanpun yang mampu dijelaskan secara lengkap. Premis adalah titik henti dalam dogma matematika, demikian pula aturan didalamnya, dari sanalah kemudian dikembangkan kekomplekan rumus dan kenjlimetan aturan atau angka. Semua berawal dari Dogma. Fisika berusaha mengukur menelisik dan meramalkan dunia. Waktu menjadi detik, menit, jam, hari dan seterusnya. Benda benda memiliki massa, timbangan-timbangan ada dimana-mana untuk mengukurnya. Ruang terukur dengan meter, centimeter, kilometer dan seterusnya. Rumus-rumus dunia disingkapkan. Dunia itu perpaduan antara besaran-besaran dasar atau pokok. Kemudian dari perpaduan besaran-besaran pokok tersebut lahir besaran turunan. Tapi apa itu waktu? Apa itu massa? Apa itu jarak? Dia hanya dapat diukur dan tak mampu didefiniskan hakikatnya. Waktu, massa, jarak adalah dogma Fisika. Ahli fisika pun terdiam jika disodori pertanyaan ini. Kita hidup, berputar, berlari, berdiri, berfikir, merasa, melihat, mendengar, mengecap. Kita kemudian belajar, kita berkomunikasi, kita membaca, kita menulis, kita bisa membuat, kita bisa menjalin cinta, kita bisa terpanah panah amarah. Kita, manusia, bersosialisasi, mengenal orang lain yang mirip dengan diri kita, bercanda, tertawa, menangis. Kita membangun kepercayaan, kita membangun keyakinan, kita menambah pengetahuan. Semuanya berawal dari kenyataan bahwa kita ada. Dan semua ada karena indra kita. Entah itu indera rasa pikir, atau rasa jasad. Entah itu sensasi emosi atau hati, atau sensasi mata atau telinga. Indera kita adalah dogma kita. Kita terdogma oleh indera. Dari sanalah keyakinan kita akan segalanya berawal. Keyakinan pada agama, matematika, atau fisika.
Kemudian umat islam menghembuskan pembongkaran sains dalam al-qur’an, Dengan demikian ada semacam persamaan metodologi dalam mempelajari al-quran dan sains padahal kedua hal tersebut pada hakekatnya mempunyai pendekatan metodologis yang berbeda. Dimana agama dimulai dari keyakinan dengan metode yang dogmatis dan menggunakan teori kebenaran yang doktriner, sedangkan sains dimulai dengan keraguan yang menerapkan konsep kebebasan dalam penjelajahan dunia sains dengan menggunakan metode ilmiah sebagai landasan dan pencarian kebenaran. Bisa ditebak bahwa pemateri dari islam membawa misi dan kepentingan islamisasi sains. Ada ketimpangan pemahaman ditingkatan banyak umat islam penganut faham islamisasi sains yaitu bahwa sebenarnya apa yang telah ditemukan dan dikembangkan dalam ranah sains dan teknologi sudah ada lengkap dan sesuai dalam al-quran, sehingga banyak dari kalangan muslim yang mencaricari dalil dari ayat al-quran untuk mengembel-embeli atau menjustifikasi bahwa kebenaran ilmiah juga diterima dan sesuai dengan al-quran, akhirnya al-qur’an hanya difungsikan sebagai alat legitimasi dan klaim belaka, tindakan ini tentunya tidak arif jika memang benar bahwa tujuan dari islamisasi sains adalah menggali al-quran dalam kaitannya dengan ketertinggalan umat islam atas non muslim tapi caranya mestinya bukan dengan mengislamkan sains karena dengan demikian akan lebih membatasi ruang gerak penjelajahan keilmuan, apakah mungkin metode doktriner yang kebenarannya dianggap mutlak bisa sejalan dengan metode bebas yang kebenarannya relatif dan semua pihak boleh menguji dan memfalsifikasi, terbuka, netral dan tidak dogmatis, yang suatu saat bisa ditumbangkan dengan teori baru yang lebih valid.
Artinya disini ada tuntunan utk mencari dan memahami sais dalam al-qur'an yang secara tersurat maupun yang tersirat dengan menggunakan ijtihad atau naralnya .
Secara garis besar , menurut saya terdapat dua aliran besar dalam memahami sains dan keterkaitannya dengan agama.


Sumber :www.Bambangfals.phpnet.us
www.mail-archive.com
one.indoskripsi.com
trisetyarso.wordpress.com


Di posting tanggal:Sabtu, 14 februari 2009

HAMILTON PUAS DENGAN PERFORMA MP4-24

TUGAS:TIK{UTS}
HAMILTON PUAS DENGAN PERFORMA MP4-24

JEREZ - Juara dunia 2008, Lewis Hamilton, akhirnya menjajal kemampuan mobil anyarnya di musim ini dalam sesi uji coba di Jerez, Kamis (12/2/2009). Hamilton langsung memuji performa jet darat McLaren-Mercedes, miliknya tersebut.Pada sesi tes hari ketiga tersebut, Hamilton kalah dari pembalap Toro Rosso Ferrari Sebastien Bourdais yang mencatat waktu terbaik 1:18.493 dari 128 lap. Hamilton hanya berada di peringkat kedua dengan catatan waktu terbaik 1:20.737 dari 93 lap.Namun, Hamilton tetap puas dengan performa mobilnya dan optimistis bisa mempertahankan gelar di musim ini bersama MP4-24. Hamilton sendiri memang sudah menggunakan mobil dengan spek mesin 2009, sementara Bourdais masih menggunakan spek mesin 2008. "Ini adalah pertama kalinya saya memacu MP4-24. Kondisi sangat bersahabat, hangat dan kering. Saya puas dengan kesempatan hari ini," jelas Hamilton seperti dilansir Autosport, Jumat (13/2/2009)."Kemampuan mobil ini masih mirip dengan musim lalu. Saya tidak membutuhkan adaptasi yang lama pada teknologi baru di dalam kokpit, terutama pada sistem KERS dan sirip sayap depan," lanjut pembalap asal Inggris ini.Pembalap Renault, Fernando Alonso melahap 133 lap, namun hanya duduk di posisi lima. Alonso mencatat waktu terbaik 1:21:307. Masih kalah dibanding pembalap Williams Toyota, Kazuki Nakazima yang mencatat waktu terbaik 1:20:898 dari 92 lap.
OLEH:Abdullah Zaelani
sumber:WWW. OKEZONE.COM,koran kompas,tabloid sport
tanggal :14-februari-2009
artikel:sport

ADA MONSTER DI HELM ROSSI


ADA MONSTER DI HELM ROSSI



Jumat, 13 Februari 2009 19:40 WIB
JAKARTA, JUMAT — Juara dunia MotoGP Valentino Rossi akan mencantumkan logo 'M-Claw' di helmnya, setelah menandatangani kontrak dengan produsen minuman energi 'Monster' tersebut.
Monster yang merupakan minuman energi produk Amerika ini memilih Rossi sebagai model untuk menaikkan penjualan di seluruh dunia. Pebalap asal Italia tersebut setuju mencantumkannya untuk musim balap 2009.
"Saya senang dapat bekerja sama dengan minuman Monster Energy dan menjadi model asal Eropa yang pertama untuk merek ini," kata Rossi. "Monster sedang berkembang di seluruh dunia dan saya sangat senang dapat bergabung. Bersama-sama tentunya kami dapat menghasilkan sesuatu yang istimewa.
Rossi pun merasa tidak berkeberatan dengan pencantuman nama 'M-Claw' di helmnya. "Tentunya akan terlihat bagus di helm saya yang baru."
Sementara produsen Monster Energy, Mark Hall, menambahkan, "Motto dari Monster Energy adalah menjadi besar dan bekerja sama dengan Valentino Rossi adalah peraihan terbesar di dunia motor." (MotoGP)

oleh:M.Wahyu.h

sumber:kompas

































Lihatlah Arsenal dari Sudut Lain Rossi Finza Noor - detiksport
AFP

-->London - Catatan Arsenal dalam tiga laga terakhir di Premier League memang tak terlalu bagus, yakni tiga kali seri. Namun, menurut Arsene Wenger, timnya justru hebat jika dilihat dari sudut pandang lain.Tiga hasil imbang itu didapat The Gunners dari Everton, West Ham United, dan Tottenham Hotspur. Jika melawan The Toffees mereka ditahan 1-1, maka menghadapi The Hammers dan The Lilywhites mereka dibendung tanpa gol.Alhasil, pasukan dari London utara itu pun harus puas tertahan di peringkat lima klasemen sementara dengan tertinggal 12 poin dari Manchester United, si pemuncak. Namun, Wenger meminta agar banyak pihak tak menilai skuadnya dari tiga pertandingan itu saja, melainkan dalam 11 laga terakhir. Di sana terjabarkanlah fakta bahwa Arsenal tak pernah menderita kekalahan.Wenger pun ingin melanjutkan rekor tak terkalahkan timnya itu ketika mereka menghadapi Cardiff City di laga replay Piala FA, Senin (16/2/2009).

Targetkan Piala FA, Wenger Realistis

GETTY IMAGES
Arsene Wenger.
Artikel Terkait: kompas bola

Wenger Tidak Kecewa Hasil Imbang
Wenger Serius Menangi Piala FA
Sabtu, 14/2/2009 06:52 WIB
LONDON, SABTU - Pelatih Arsenal Arsene Wenger menekankan pasukannya untuk tampil serius menghadapi Cardiff City pada lanjutan Piala FA putaran keempat, di Stadion Emirates, Senin (16/2). Hal ini menguatkan dugaan Wenger serius mengejar satu trofi yang paling realistis bisa dijangkau The Gunners.Saat ini, Arsenal berada di posisi kelima dengan 44 poin atau terpaut 12 poin dari Manchester United di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris. Meski tak tertutup kemungkinan, sulit bagi Arsenal mengejar gelar.
Apalagi, masih ada Chelsea dan Liverpool yang masih ngotot merusak dominasi Setan Merah. Di pentas Liga Champions, yang memasuki bWenger: Waktu Adams Sangat Sempit
Sabtu, 14 Februari 2009 - 00:09 wib

diposting oleh ; sukendar 9d
Tomas a d 9d
sumber; http://www.detiksport.com/
http://www.kompassport.com/
http://www.okezone.com/











PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM B.INGGRIS DI SMP




TUGAS :TIK{UTS}


PEMBELAJARAN MATEMATIKA


DALAM BAHASA INGGIS




*Pengertian dan tujuan pembelajaran MIPA dalam bahasa inggris di smp*


Yang dimaksud dgn pembelajaran MIPA dalam bahasa inggris adalah


proses belajar mengajar dan penilaiannya di sampaikan dlm B.INGGRIS


pembelajaran matematika dan ilmu pengetahuan alam dlm bahasa inggris


ini mengguakan kuriklum nasional yg berlaku.Kurikulum nasional yg di maksud


adalah kurikulum 2004(kurikulum berbasis kopetensi) dgn pendekatan


pembelajaran konstektual (contekstual teaching and learning).Dengan demikian


pengembangan silabus,materi penilaian pada pembelajaran ini juga mengacu


pada kurikulum dan pendekatan pembelajaran tersebut.


oleh:SARIPUDIN


sumber:Majalah Pelangi

tanggal:14-februari-2009