9D THE BEST ALUMNI SMP N 1 CILEDUG

Minggu, 15 Februari 2009

artikel sosial

Uang

Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.

Fungsi

Secara umum, uang memiliki fungsi sebagai perantara untuk pertukaran barang dengan barang, juga untuk menghidarkan perdagangan dengan cara barter. Secara lebih rinci, fungsi uang dibedalan menjadi dua: fungsi asli dan fungsi turunan.

Fungsi asli uang ada tiga, yaitu sebagai alat tukar, sebagai satuan hitung, dan sebagai penyimpan nilai.




Uang dan Arti Kehidupan
Jacob Needleman, seorang ahli pilosofi menulis bahwa jika kita mengerti peran uang yang sebenarnya dalam hidup kita, maka kita tidak akan berfikir untuk mengabiskan atau menabungnya saja. Uang menggerakkan pengaruh emosional yang mendalam terhadap siapa diri kita sebenarnya dan uang juga mempengaruhi kita dalam mengatakan apa yang tidak kita miliki. Ketidak inginan kita untuk memahami efek uang secara emosional dan spiritual berlandaskan atas kenapa kita harus memberikan harga terhadap segala barang dan bagaimana kita bisa mengetahui nilai dari barang yang tidak berharga. Uang mempunyai pengaruh yang penting dalam segala aspek di dalam mengejar hidup yang idealistik. Tetapi sejalan dengan itu, uang merupakan akar dari frustasi yang kita alami setiap hari. Dalam kehidupan sosial, uang mempunyai pengaruh yang sangat besar. Needleman menunjukkan bagaimana uang telah menghantui hidup kita secara pelan-pelan sejak ditemukannya koin di masa biblikal (ketika uang digunakan untuk menyelamatkan brang-barang umum, bukan untuk keuntungan pribadi) melalui kemampuan hipnotisnya di dalam era yang terobsesi dengan uang ini. Ini adalah buku yang luar biasa yang mengkombinasi mithos dan psikologis, puisi dari Sufis dan kebijaksanaan dari Raja Solomon, bersama dengan usaha Jacob Needleman untuk mencari jati dirinya dan kebudayaanya untuk menjelaskan bagaimana uang bisa menjadi alat yang unik didalam mencari pengertian tentang siapa sebenarnya diri kita. Sebagai bagian dari Kulit buku Currency, buku ini terdiri atas "Petunjuk Pengguna" suatu pengenalan dan tuntunan diskusi yang dibuat untuk sampul buku kertas oleh si penulis –untuk menolong para pembaca dalam menggunakan ide-ide di dalam buku secara praktikal.




Hidup mencari uang,
Uang Perpanjang Hidup

Di zaman sekarang, Selama lebih dari separuh hidupnya, manusia terus berusaha dan bekerja dengan giat mengumpulkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Secara tidak terasa waktu berjalan dengan cepat, beberapa orang berhasil mengumpulkan uang yang lebih dari cukup, tetapi sangat banyak orang yang hanya hidup berkecukupan saja. Dan ada pula yang kurang beruntung, sehingga hidupnya dicukup-cukupin sebisanya. Semua ini kembali kepada karma masing-setiap orang.

Waktu terus berjalan tanpa henti, tetapi tubuh kita semakin rapuh dan lemah bersamaan dengan usia yang semakin bertambah. Akhirnya, mulai timbul berbagai macam penyakit yang terus melemahkan tubuh ini. Walau tubuh akan semakin rapuh dan lemah, tetapi manusia harus dapat berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan tubuhnya agar lebih baik lagi.


Tidak banyak mahluk yang memiliki karma baik,
untuk dapat dipermudah dalam mengumpulkan uang.

Tidak banyak mahluk yang memiliki karma baik,
untuk dapat memiliki kehidupan yang panjang.

Dan sangat sedikit sekali mahluk yang memiliki karma baik,
untuk dapat memiliki uang berlimpah dan kehidupan panjang.

Untuk itu, Bersyukurlah para mahluk yang memiliki karma baik,
sehingga berhasil memiliki uang yang lebih,
dan bermanfaat untuk memperpanjang kehidupannya.




http://www.goldenmother.org/info/Kisah-Kasih/C-J/Hidup%20mencari%20uang.htm
http://id.shvoong.com/books/205443-uang-dan-arti-kehidupan/
http://id.wikipedia.org/wiki/Uang


oleh
H. Saepudin (Hegy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar