9D THE BEST ALUMNI SMP N 1 CILEDUG

Jumat, 13 Februari 2009

Bulu Tangkis






OLAHRAGA “BULUTANGKIS”

March 6, 2008 at 5:11 am · Filed under OLAHRAGA


Bulutangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan.

Mirip dengan tenis, bulutangkis dimainkan dengan pemain di satu sisi bertujuan memukul bola permainan (”kok” atau “shuttlecock”) melewati net agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan. Dia juga harus mencoba mencegah lawannya melakukan hal tersebut kepadanya.
Partai

Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulutangkis. Mereka adalah:
Tunggal putra
Tunggal putri
Ganda putra
Ganda putri
Ganda campuran

Sejak 1 Februari 2006, seluruh partai memakai sistem “pemenang dua dari tiga set” (best of three) yang masing-masing diraih dengan mencapai 21 poin secara rally point.

Memainkan bulutangkis

Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi pada kedua sisi jaring di atas wilayah persegi panjang yang ditandai di lantai sebagaimana diperlihatkan di diagram.

Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melompati jaring ke wilayah di seputar batasan/aras tertanda sebelum pemain atau pasangan lawan bisa memukulnya balik. Untuk setiap kali ini berhasil dilakukan oleh regu yang menyervis, pemain atau pasangan penyervis (peladen) mencetak skor satu poin. Setelah memenangi satu poin, pemain yang sama menyervis kembali, dan terus menyervis sepanjang mereka terus mencetak poin. Apabila regu yang tak menyervis memenangkan reli ini, tiada poin dicetak oleh mereka tetapi ada pergantian penyervis. Dalam permainan ganda, seorang peladen memulai permainan, dan setelah kalah sebuah reli, servis berpindah ke regu lawan. Dari waktu itu ke depannya, kedua pemain pada seregu bergantian menyervis (meladen) sebelum servis kembali berpindah kepada lawan mereka. Pemain di sisi servis tangan kanan selalu memulai servis.


Perlengkapan

Raket: Secara tradisional raket dibuat dari kayu. Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih. Kini, hampir semua raket bulutangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.
Kok: Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulutangkis, terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan juga kok dari pelastik.
Senar: Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulutangkis adalah senar nya. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. Keawetan secara umum bervariasi dengan kinerja. Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. Kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang kuat dalam seleksi senar.
Sepatu: Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting, para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Sepatu bulutangkis membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat; bulutangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki.
Net: Bulutangkis tidak akan pernah bisa berjalan tanpa perlengkapan yang satu ini. Net merupakan pembatas antara bidang permainan pemain yang satu dengan yang lain. Tinggi net kurang lebih 152 cm dan sama untuk semua jenis permainan, baik itu tunggal maupun ganda, putri maupun putra.

Sumber : www.pbdjarum.com/artikel




Taufik Hidayat Menyandingkan Juara Olimpiade dan Dunia


Senin, 22 Agustus 2005 11:17 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta:Taufik Hidayat menjadi juara dunia bulu tangkis IBF setelah berhasil mengalahkan Lin Dan dari Cina dalam dua set langsung, 15-3 dan 15-7. Dengan kemenangan ini, Taufik berhasil menyandingkan gelar juara Olimpiade yang diraihnya di Athena, Yunani tahun lalu. Pada set pertama, Taufik yang bermain amat kalem berhasil meninggalkan Lin Dan dengan angka 13-0. Pada kedudukan 11-0, Lin Dan sempat memprotes wasit karena bola yang dinyatakan keluar sebelumnya sempat menyentuh tubuh Taufik. Namun protes itu tak digubris. Lin Dan sempat mencuri tiga angka, menjadi 13-3, tapi Taufik berhasil menghentikannya dengan angka 15-3.Pada set ke dua, Lin Dan menoba bangkit dan sempat memperlihatkan permainan terbaknya. Perolehan angka pun dicapai dengan ketat. Saling kejar sempat terjadi pada saat Lin Dan unggul 3-0, dan disamakan menjadi 3-3. Kemudian Lin Dan kembali unggul 7-3, tapi Taufik berhasil menyamakannya menjadi 7-7. Pada posisi ini, aura kemenangan Taufik tak terbendung lagi. Pada kedudukan 11-7, bola sempat berpindah tangan empat kali. Namun dengan kematangannya, Taufik menutup perlawanan Lin Dan dengan smash ringan yang gagal dihalau, 15-7. Taufik Hidayat melaju ke final Kejuaraan Dunia bulutangakis di Anheim, Kalifornia, Amerika Serikat, setelah menaklukan pemain unggulkan kelima, Lee Chong Wei dari Malaysia, 15-13-15-12. Sementara Lin Dan menundukkan unggulan ke tiga asal Denmark, Peter Gade 15-9, 13-15, dan 15-11. Sebelumnya, Taufik Hidayat dan Lin Dan telah empat kali bertemu, dengan skor 2-2. Di tunggal putri, Xie Xingfang menjadi juara dunia bulu tangkis IBF setelah mengalahkan rekan senegaranya, Zhang Ning dalam pertandingan tiga set, 11-8, 9-11, 11-3. Zhang merupakan juara dunia dan juara Olimpiade. Xie dan Zhang telang sembilan kali berhadapan, empat diantaranya dimenangkan Xie. Kemenangan ini, bagi Xie merupakan yang pertama kalinya, dan yang ke sepuluh bagi Cina dalam 12 kali menjadi finalis. Sudrajat
Topik :
Badminton

Sumber : www.tempointeractive.com/hg/olahraga/2005/08/22/brk,20050822-65555,id.html - 33k -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar