9D THE BEST ALUMNI SMP N 1 CILEDUG

Jumat, 13 Februari 2009

ARTI NAMA ISLAM DAN KARAKTER PEMILIKNYA

Nama memberikan identitas bagi pemiliknya, tidak hanya untuk benda, terlebih untuk manusia. Menurut kepercayaan, nama juga akan membentuk kepribadian dan mempengaruhi perkembangan emosi dan sifat-sifat pemiliknya secara langsung maupun tidak langsung.

Pada zaman India kuno, anak-anak diberi nama seperti nama-nama dewa atau pun dewi yang selaras dengan konsep Weda yang percaya akan adanya kesatuan antara nama dan bentuk. Demikian halnya dengan Islam yang mempercayai bahwa setiap anak berhak untuk mendapatkan nama yang baik agar dikarunia berkah yang teriring dengan nama tersebut.

Bagi yang percaya dengan Numerology, peranan sebuah nama sangatlah besar artinya. Nama yang disandang dapat berpengaruh pada nasib di masa mendatang, untuk kelangsungan karir, bisnis bahkan jodoh. Apabila perhitungan nama yang dipilih tepat dan bagus, maka niscaya masa depan sang pemilik nama akan sangat cemerlang. Namn apabila perhitungan namanya kurang sesuai atau bahkan buruk, tentu akan membuat kesialan atau tidak akan mencapai karir yang maksimal dalam hidup si pemilik nama. Dengan demikian, maka sang ahli numerologi akan membantu membuat nama baru atau cara penulisan nama yang tepat bagi si pemilik nama dikaitkan dengan perhitungan tanggal, bulan, tahun dan jam kelahiran. Bahkan bila lebih lengkap, cara membuat tanda tangan pun sangat menentukan.

Bagi mereka yang mempercayai Tarot, maka nama dipercayai menimbulkan vibrasi bagi pemiliknya, maka sangat penting bila si empunya nama memiliki nama yang membuat energi positif bagi dirinya.


Namun, sebelumnya mari kita simak beberapa Tips Memilih Nama Bayi dalam Islam:

  • Sebaik-baik nama adalah 'Abdullah dan 'Abdurraĥmaan (Al-Hadits)

  • Nama yang paling sesuai adalah Ĥarits dan Hammaam (Al-Hadits)

  • Nama yang paling buruk adalah Ĥarb dan Murrah (Al-Hadits)

  • Dilarang menggunakan nama Barrah (Al-Hadits)

  • Dilarang menggunakan nama-nama bayi yang memiliki arti buruk

  • Dilarang menggunakan nama sesembahan selain Allah, seperti 'Abdul Ka'bah, dan sebagainya

  • Dilarang menggunakan Asmaa-ul Ĥusnaa jika tidak memakai 'Abdu di depannya

  • Sebaiknya tidak menggunakan nama-nama malaikat

  • Dianjurkan untuk tidak menggunakan nama-nama yang terlalu panjang. Kebanyakan nama-nama bayi Islam di zaman Nabi SAW adalah singkat

  • Karena nama bayi Islam adalah dalam bahasa Arab, dianjurkan untuk memilih nama yang mengandung huruf-huruf Arab yang mudah diucapkan oleh lisan "Endonesia" secara benar, sehingga tidak merubah arti nama tersebut :-)


Sebaliknya, Nabi juga melarang memberikan nama dengan nama-nama yang berkonotasi negatif, seperti, nama-nama neraka, yang mengandung arti jelek, celaka, dan jahat. Sebab, nama-nama tersebut bisa berpengaruh terhadap karakteristik pemiliknya. Dalam satu hadits diceritakan bahwa seseorang datang kepada Nabi saw, beliau pun bertanya, "Siapa namamu?" Ia menjawab, "Hazin." Nabi berkata, "Namamu Sahl." Hazin berkata, "Aku tidak akan mengubah nama pemberian bapakku." Ibnu Al-Musayyib berkata, "Orang tersebut senantiasa bersikap keras terhadap kami setelahnya." (HR Bukhari)

Bahkan, berdasarkan penelitian di California, seperti ditulis The Sunday Times, 29 Maret 1998, disebutkan bahwa pria dengan inisial nama yang berkonotasi negatif tidak berumur lebih panjang dibandingkan dengan pria yang memiliki inisial nama berkonotasi positif.

Selain itu, kita juga tidak boleh memakai nama Allah dan sifat-sifatnya, kecuali dirangkaikan dengan nama Abul, misalnya Abullah, Abul Basith, dan Abdul Kariim. Sebab, nama-nama itu hanya khusus milik Allah SWT.

Berkaitan dengan hal-hal di atas, mediakita menerbitkan buku 571 Variasi Rangkaian Nama Bayi Islami yang disusun oleh Diah Hartati. Buku ini berisi tentang nama-nama yang baik, indah, dan Islami, baik bagi bayi laki-laki maupun perempuan.

Melaui buku ini, orangtua atau siapa saja yang ingin memberikan suatu nama kepada seseorang akan lebih mudah dalam mencari nama-nama yang akan diberikan. Karena mencarikan nama yang baik, indah, dan Islami itu tidaklah mudah, lebih-lebih apabila penguasaan bahasa Arabnya sangat minim.

Buku ini sangat penting dimiliki. Sebab, bisa dikatakan, setiap orang pasti akan memiliki anak, cucu, saudara, dan akan selalu berhubungan dengan nama-nama. Sedangkan, sebagaimana yang dituntut ajaran Islam, nama-nama yang diberikan harus baik maknanya dan Islami atau berkonotasi positif. Selain itu, nama juga merupakan identitas seseorang seumur hidupnya. Jika namanya jelek, ia akan memiliki identitas yang jelek pula dari namanya. Adapun, jika namanya baik,ia akan mendapatkan identitas yang baik pula dari namanya tersebut. Selain itu, nama juga merupakan doa bagi pemiliknya. Dan, doa adalah tergantung makna yang terkandung di dalamnya.

Selain membahas variasi rangkaian nama bayi Islami, buku ini, juga disertai 1001 nama dan artinya. Sehingga, pembaca bisa mengetahui arti dan makna dari masing-masing nama tersebut, baik dalam satu rangkaian nama maupun per suku kata.



SUMBER :

http://www.tipsbayi.com/nama_nama_bayi_islam.html
http://nama-bayi.net/apa-pengaruh-nama-bagi-seseorang.html

http://mediakita.com/Kabar-Mediakita/571-Variasi-Rangkaian-Nama-Bayi-Indah-dan-Islami.html



Di buat oleh : Eka Widyastuti Andini dan Reyta Bonita
Kelas : 9D

























l

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar